Krisis Ekonomi Global: jangan anggap remeh

Mungkin saat ini kita menganggap remeh dan tidak peduli terhadap krisi ekonomi global yang terjadi saat ini. apa sebab???

1. bisa jadi kita yakin kondisi ekonomi Indonesia saat ini kuat daripada thn 1998

2. kita percaya kepada ‘tim pengendali’ ekonomi yang handal dibawah kepemimpinan presiden SBY

3. kita berasumsi tidak akan mengalami dampak tersebut secara langsung…

Jika kita berpikir bahwa kita tidak akan mengalami dampak, kita salah BESAR. Krisis ekonomi global, memang tidak terjadi di Indonesia, namun dampak dari krisis tersebut cepat atau lambat akan berpengaruh pada kita. apa sebab??

1. nilai ekspor Indonesia keluar negeri khususnya amerika dan eropa akan berkurang tajam. hal ini akan mematikan sektor industri Indonesia yang berakibat pada terjadinya PHK besar-besaran.

2. impor illegal produk-produk luar negeri akan semakin merajalela. hal ini disebabkan kondisi luar negeri yang sangat parah, sehingga produsen luar negeri akan ‘cuci gudang’ hasil produksi mereka di negara-negara dunia ketiga, seperti Indonesia yang berakibat pada matinya pasar domestik/lokal. hal ini dilakukan pihak-pihak luar negeri untuk menarik uang cash ke negara mereka masing-masing yang pada saat ini sedang membutuhkan bantuan dana dalam jumlah besar.

so, biar krisis tersebut tidak berpengaruh terhadap kita (Indonesia) ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan:

1. berhemat. trent harga barang memang lagi turun, namun untuk saat ini langkah yang paling aman adalah menyimpan uang dalam bentuk cash sebanyak-banyaknya. harga barang, khususnya barang import lagi murah karena hal diatas tersebut. negara2 barat sedang membutuhkan uang dalam jumlah banyak.

2. gunakan produk dalam negeri. bukannya sok idealis, dengan menggunakan produk dalam negeri, maka kita turut menyelamatkan industri lokal, menjaga agar perputaran Rupiah tetap didalam negeri, serta memperkokoh ekonomi lokal. contoh simpel, kurangi pemakaian hp untuk hal-hal yang kurang penting. WHY? sebagian operator HP berasal dari luar negeri. ini bukan promosi, ketika kita menggunakan hp keuntungan tersebut akan lari keluar negeri.

3. gunakan energi seperlunya. kita tau minyak bumi lagi murah2ny, dan mulai tgl 1 desember 2008 premium akan turun. namun, hal ini bukan berarti kita dapat menggunakan energi sebebas-bebasnya. turunnya harga minyak bumi berarti pendapatan negara untuk ekspor minyak bumi juga turun.

4. jangan mudah terpengaruh isu-isu yang berbau politik. pemilu 2009 sebentar lagi dan banyak isu-isu berbau politik yang berkembang, mulai dari kenaikan harga dolar akibat lemahny pemerintah, serta tindakan pemerintah yang lambat dalam menangani krisis global. Ini adalah persepsi yang 100% salah. pemerintah kita telah mengambil langkah yang tepat dalam menanggulangi dampak krisis global. secara politik, penulis tidak mempromosikan SBY, namun isu-isu ini adalah usaha kaum oposisi pemerintah yang dapat merusak kestabilan ekonomi. dalam kondisi sekarang ini, hal utama yang diperlukan adalah persatuan bukannya perpecahan.

5. mulai dari diri sendiri, saat ini juga, dan sebarkan ke orang lain…

(dari berbagai sumber)

~ oleh muhdiya pada November 8, 2008.

Satu Tanggapan to “Krisis Ekonomi Global: jangan anggap remeh”

  1. […] Krisis Ekonomi Global: jangan anggap remeh […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: