Berita Detik.com

Rino Meninggal di Pattaya, 3 Dosen UGM Lain Sehat Walafiat
Arifin Asydhad – detikcom

Jakarta – Empat dosen Fakultas Geografi UGM mengalami kecelakaan di Pantai Pattaya, Thailand. Boat yang mereka tumpangi terbalik. Seorang meninggal dunia bernama Rino Cahyadi. Sementara tiga lainnya sehat walafiat.

“Tiga dosen lainnya selamat, sehat walafiat. Kami sudah melakukan kontak langsung dengan mereka,” kata Kepala Humas UGM Suryo Baskoro saat dihubungi detikcom, Selasa (5/11/2007).

Tiga dosen UGM yang selamat itu adalah Prof Suratman, Junun Saptohadi, dan Langgeng Wahyu Santoso. Empat dosen UGM ini berangkat ke Pattaya City untuk mengikuti konvensi internasional dalam rangka program internasionalisasi UGM. Tim dipimpin Prof Suratman.

Menurut Suryo, di akhir acara konvensi, setelah para dosen UGM itu menyampaikan presentasi, ada acara field trip menggunakan boat menyusuri sungai dan laut Pattaya. Keempat delegasi mengikuti acara field trip ini.

Tiba-tiba saat berada di laut, speed boat yang mereka tumpangi terbalik. Semua penumpang boat berjatuhan ke laut, termasuk empat delegasi UGM.
“Semua berjatuhan. Semua HP mereka juga jatuh, sehingga mereka tidak bisa kita kontak. Kami kemudian mendapat informasi dari KBRI mengenai kecelakaan ini pada kemarin sore,” kata Suryo.

Dalam kecelakaan itu, terdapat tiga orang tewas, salah satunya Rino Cahyadi. Sementara tiga dosen UGM lainnya ditemukan selamat. Rino dikenal sebagai peneliti yang ramah. Saat ini, Rino masih berstatus sebagai asisten dosen di Fakultas Geografi. (asy/nrl)

 

Asdos UGM Tewas di Thailand
SMS Terakhir Rino: Secepatnya Saya Pulang
Bagus Kurniawan – detikcom

 

Yogyakarta – Iswari Nur Hidayat, istri Rono Cahyadi (24), asisten dosen (asdos) geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) yang tewas di Pattaya, Thailand, tidak mendapat firasat sedikit pun. Namun Minggu pagi, keduanya sempat berkirim SMS untuk menanyakan kabar.Kepada wartawan di rumahnya, Desa Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, Senin (5/11/2007), dengan berurai air mata, Iswari menuturkan, dalam SMS-nya dia menanyakan kapan Rino akan pulang.Iswari juga mengingatkan janji Rino untuk mengajaknya wisata ke pantai setelah kepulangan Rino dari Thailand. “Tidak lama setelah itu Mas Rino SMS, isinya, secepatnya saya pulang. Itu saja,” kata Iswari.

Iswari tidak menyangka, kepulangan Rino ternyata untuk menghadap Sang Pencipta. Rino tewas akibat kecelakaan boat di Pattaya.

Jenazah Rino diperkirakan sampai ke Yogyakarta, Selasa 6 November siang. Dari Bandara Adi Sutjipto, jenazah akan dibawa ke mushola Fakultas Geografi UGM untuk mendapat penghormatan terakhir.

Dari situ, jenazah akan dibawa ke rumah duka sebelum dikebumikan di makam keluarga di Desa Sumberasih, Mlati, Sleman, Yogyakarta.

Para tetangga dan kerabat Rino, saat ini mulai berdatangan ke rumah duka. Meski terlihat sedih, Iswari tampak tegar menerima ucapan bela sungkawa dari para pentakziah.

Terlihat di antaranya Sukirno, ayah Rino. Sukirno tampak tabah, namun tidak menyangka putranya akan berpulang begitu cepat.

(umi/nrl)

05/11/2007 12:29 WIB
Jenazah Dosen UGM di Pattaya Diterbangkan ke RI Malam Ini
Arifin Asydhad – detikcom

Jakarta – Salah seorang asisten dosen Fakultas Geografi UGM, Rino Cahyadi, meninggal dunia setelah boat yang ditumpanginya terbalik di Pattaya, Thailand. Jenazahnya sudah ditemukan. Rencananya, jenazah akan diterbangkan ke Jakarta pada Senin (5/11/2007) sore.Menurut Kepala Humas UGM Suryo Baskoro, kecelakaan yang menimpa rombongan UGM di Pattaya itu terjadi pada Minggu (4/11/2007) sekitar pukul 16.00 waktu setempat. Rombongan UGM yang terdiri dari empat orang berada di Pattaya City sedang mengikuti sebuah konvensi.“Acara konvensi berakhir kemarin. Di akhir acara, ada acara field trip naik boat di sungai dan laut. Saat di Pantai Pattaya, boat yang mereka tumpangi terbalik. Dan salah seorang dari rombongan, Bapak Rino Cahyadi, meninggal,” kata Suryo.Informasi dari KBRI Thailand, tidak lama setelah kejadian itu, Tim SAR menemukan jenazah Rino. “Saat ini jenazah sedang diproses oleh polisi Thailand dan akan diserahkan ke KBRI sore ini,” jelas Suryo.Kemudian pada Selasa malam, jenazah akan diterbangkan ke Jakarta. Rencananya, pada pukul 06.00 WIB, Selasa (6/11/2007), jenazah Rino akan diterbangkan ke Yogyakarta untuk dimakamkan. (asy/nrl)

 

~ oleh redtigro pada November 5, 2007.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: